oleh

Begini Prosesi Acara Maccera Tasi’ ,Menurut Ketua Panitia FKN Di Luwu

-Wisata-1.133 views

LUWU,Vnews.com–  Festival Kraton Nusantara (FKN) ke XIII dipusatkan di kota Palopo, rencananya akan digelar pada tanggal 7-13 september 2019. Dalam FKN tersebut, Kabupaten Luwu akan melaksanakan acara adat Maccera Tasi’ yang dalam bahasa indonesianya Pesta Laut.


Ketua Panitia Pelaksana Maccera Tasi’ Palanggi Andi Kaddiraja mengatakan
pada saat acara adat maccera tasi ‘berlangsung, pihaknya memastikan tidak ada seserahan atau penyembahan kepada laut, atau dalam hal ini membuang kepala kerbau ke laut.

“Saya selaku ketua panitia pelaksana maccera tasi’ memastikan kalau tidak akan ada pembuangan kepala kerbau ke dalam laut, apalagi yang berbentuk sesajen,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (28/8/2019).

Jadi, hanya ada pelepasan ikan kecil dan pakan ikan yang akan di lepas ke laut sebagai simbol dari acara adat maccera’ tasi’ jelasnya.

Rangkaian prosesi Adat Luwu Maccera Tasi’sendiri dimulai pukul 10.30 hingga 11.30 di pelabuhan ulo-ulo dengan mengitari ance sebanyak 3 kali oleh Perahu Bojo dan Perahu Puawang. Posisi perahu hias sendiri berada disekitaran ance dan tidak mengikuti prosesi. 

Kemudian Adzan akan dikumandangkan dari 4 penjuru Ance secara bersamaan, selanjutnya Puawang dan Bungalalang menaiki Ance, diikuti gadis Pabbulawang dan seorang Passompo atau pengusung.

Setelah Puawang dan Bungalalang berada di atas Ance, prosesi Mallambe dilakukan kemudian disusul Mallapessang atau melepas bibit ikan dan pakan ikan dilaut.

Pallanggi juga menambahkan, “memang ada anggaran untuk 2 ekor kerbau, akan tetapi, kerbau tersebut bukan untuk dipersembahkan atau dibuang ke laut, melainkan untuk dikonsumsi bersama, dan disembelih secara islam,” pungkasnya

Festival Kraton Nusantara XIII Tahun 2019 terbsebut, akan dihadiri sebanyak 200 raja se-Nusantara serta raja dari negara tetangga seperti Brunei, Malaysia, Serta Australia(*)

Editor :Irwan

Komentar

News Feed