oleh

Dikuti 172 Peserta,Bupati Luwu Buka Bimtek SIPD

-Makassar-13 views

 

Bupati Luwu DR.H.Basmin Mattayang, membuka secara resmi Bimtek SIPDD di ikuti 172 Peserta penatausahaan keuangan lingkup Pemkab Luwu terdiri dari Kepala Sub Bagian Keuangan /Program, Bendahara dan Operator Keuangan/ Operator Simda

MAKASSAR- Bupati Luwu, DR.H. Basmin Mattayang, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) tentang penatausahaan keuangan daerah di Aerotel Smile,Makassar ,Jumat, (15/10)

Hadir dalam kegiatan ini, Horas Maurits Panjaitan selalu Direktur Pelaksan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), para Kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu serta.

Bupati Luwu pada kesempatan ini menyampaikan, terimakasih kepada Direktur Pelaksan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Kemendagri, terkhusus pada panitia pelaksana.

“Saat ini sistem pemerintahan berbasis elektronik sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan akuntabel. Salah satunya adalah Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD,” ujarnya.

“Ini menjadi solusi terbaik dalam mewujudkan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektonik secara nasional dan diharapkan akan terbentuk tata kelola pemerintahan yang semakin baik serta memiliki data yang terintegrasi dan satu data,” lanjutnya.

Lanjut Bupati Luwu, data dan informasi merupakan salah satu bahan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah serta bahan penentu dalam perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah.

“Tanpa data dan informasi yang akurat, maka perencanaan yang disusun tidak tepat sasaran, salah prioritas, salah kebijakan, dan rentan pemborosan anggaran,” ujarnya.

Olehnya itu, kata dia, hadirnya SIPD memberikan banyak manfaat bagi pemerintah daerah diantaranya membantu pemerintah daerah dalam menyusun anggaran dan laporan keuangan daerah.

APBD yang ditetapkan jelasnya harus memenuhi ketentuan perundang-undangan, juga dapat memiliki keselarasan dengan peraturan daerah kabupaten luwu yang mengatur fungsi perangkat daerah dalam melaksanakan urusan pemerintahan.

Pelaksanaan bimbingan teknis SIPF ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dan tanggung jawab Pemkab Luwu. “Bimtek ini adalah intinya bertujuan bagaimana saudara yang mengelolah keuangan dan melakukan perencanaan betul-betul melaksanakan fungsinya dengan baik, faham yang anda kerjakan,” ujarnya.

“Harapan kami, ketika kalian pulang nanti, semua tugas di meja anda kalian yang kerja, bukan lagi oleh orang lain apalagi melibatkan tenaga honorer, tidak ada lagi seperti itu kedepannya,” tegas Bupati Luwu(Boncet)

Komentar

News Feed