oleh

5 Tips Rawat Sepeda Biar Awet

VEDIANEWS.COM – Sepeda yang normal adalah sepeda yang nyaman dipakai dan seluruh bagiannya berfungsi secara normal. Untuk mendapatkan sepeda yang normal, pemiliknya harus mengetahui cara merawat sepeda secara benar. Bagi Anda pehobi sepeda pemula atau baru saja membeli sepeda, Anda harus mengetahui tips-tips rawat sepeda biar awet dan selalu nyaman dipakai.

Bagi orang-orang yang menyukai sepeda, mereka bisa menggunakan sepeda secara rutin. Pemakaian jangka panjang inilah yang lama kelamaan akan mengurangi fungsi sepeda yang normal. Oleh karena itu diperlukan perawatan rutin. Merawat sepeda terbilang cukup mudah dan apabila tak ada kerusakan serius tak perlu ke bengkel sepeda.

Merawat sepeda juga berhubungan dengan keamanan dan keselamatan pengendaranya. Sepeda yang dirawat secara rutin akan meminimalisir kerusakan yang terjadi saat sepeda digunakan. Alhasil kegiatan bersepeda akan semakin lancar dan semakin aman.

5 Tips Rawat Sepeda

Berikut ini ada 5 tips rawat sepeda yang bisa Anda praktikkan di rumah. Pahami dengan cermat agar sepeda semakin nyaman digunakan;

1. Menjaga Kebersihan Sepeda

Menjaga kebersihan sepeda merupakan faktor paling sederhana yang menjaga fungsi sepeda tetap normal. Sepeda yang rutin dipakai pastinya berdebu, terkena noda, tak jarang juga terkena hujan.

Apabila hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, kotoran itu bisa merusak bagian-bagian sepeda atau parahnya membuat bodi sepeda keropos. Oleh karena itu bersihkan sepeda secara rutin.

2. Pastikan Tidak Ada Bagian yang Kendor

Saat memeriksa sepeda, Anda harus memastikan tidak ada bagian yang kendor. Apabila ada yang dirasa kendor, segeralah ambil alat untuk mengencangkan. Biasanya, bagian yang kerap kendor adalah sadel sepeda, pedal, dan setang.

3. Rutin Beri Pelumas

Seiring pemakaian, rantai sepeda dan gear set bisa mengering dan berdebu. Hal ini bisa memicu karat dan merusak dua bagian tersebut. Oleh karena itu Anda harus rutin memberi pelumas pada rantai sepeda dan gear set. Dua bagian tersebut sangat penting untuk sepeda agar tetap berfungsi secara normal.

4. Rutin Periksa Wheelset dan Roda

Wheelset terdiri dari pelek dan roda. Bagian ini harus dijaga selalu dalam kondisi normal dan prima. Cek secara berkala tekanan ban, bersihkan ban sepeda dari kotoran atau benda asing yang tak semestinya menempel. Rutin lap pelek sepeda agar tidak cepat keropos dan tetap enak dipandang.

5. Pastikan Sistem Shifting Gear Normal

Bagian yang tak kalah penting adalah memastikan kemampuan shifting gear sepeda Anda normal. Apabila sering dipakai dan jarang dirawat, kawat untuk shifting gear biasanya aus sehingga kemampuan berganti gear menjadi berkurang. Parah-parahnya rantai bisa los dari gear.

Oleh karena itu Anda harus merawat komponennya, apabila ada komponen yang harus diganti, segeralah pasang penggantinya.

Itulah lima tips rawat sepeda yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Kegiatan merawat sepeda secara mandiri akan lebih mudah apabila Anda terlebih dahulu sudah memiliki komponen sepeda.

Siapkanlah beberapa komponen yang sudah waktunya diganti, sehingga saat teradi masalah tak perlu repot mencari komponen lagi. Kalau Anda butuh rekomendasi tempat membeli komponen sepeda, Anda bisa mencoba di Interval Bike Works yang toko resminya ada di Blibli.

Interval Bike Works menyediakan berbagai jenis komponen sepeda yang bisa membuat sepeda Anda tetap prima dan nyaman dipakai. Tak hanya komponen, toko tersebut juga menyediakan berbagai aksesoris pesepeda yang akan membuat aktivitas bersepeda Anda semakin keren.

Semua produk komponen sepeda yang dijual di Blibli dipastikan orisinal dan berasal dari seller yang berpengalaman di bidangnya. Hal tersebut memungkinkan terjadi karena Blibli memiliki sistem kurasi seller sehingga hanya penjual berkualitas yang bisa berjualan di Blibli.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan berbagai promo dan cashback sehingga berbelanja di Blibli tak hanya aman, namun juga lebih murah. (*/dirman)

Komentar

News Feed