oleh

Begini Aksi Sosial Komunitas Sijum Usai Jumatan

-Life Style-304 views

PALOPO,Vnews.com—Komunitas Sijum atau Nasi Jumat, membagikan makanan dan minuman secara gratis kepada Umat Muslim yang usai melaksanakan Sholat Jumat setiap minggunya.

Seperti jumat, (18/10) siang kemarin, di Masjid Asy Syura, komplek perumahan anggrek Kota Palopo, komunitas Sijum membagikan nasi kotak kepada seluruh jamaah jumaat.

Munawir, salah seorang yang mengkoordinir kegiatan ini menceritakan, Komunitas Sijum terbentuk sejak 10 maret 2017 dua tahun lalu.

Selama itu hingga kini, mereka rutin membagikan makanan dan minuman kepada jamaah masjid khusus di hari jumat di Kota Palopo.

“Khusus jamaah masjid kami fokuskan usai sholat jumat. Satu atau dua masjid setiap minggunya dan kami gilir hingga seluruh masjid di Kota Palopo bisa kami layani,” ujarnya.

Munawir mengatakan setiap jumat, nasi kotak dan kadang minuman yang mereka siapkan ada kelebihan. “Ini (lebihan) kemudian kami berikan kepada petugas kebersihan atau tukang becak,” ujarnya.

Selain membagikan makanan kepada jamaah jumat, mereka juga menyisihkan sebagian untuk anak yatim di sejumlah panti asuhan di Kota Palopo.

Munawir dan kawan-kawannya di komunitas ini melaporkan bahwa mereka berbagi rezeki melalui dermawan dari berbagai kalangan, pengusaha warung makan, pejabat, politisi dan dermawan dari berbagai profesi.

“Bagi yang ingin berbagi melalui Komunitas Sijum bisa menghubungi nomor 081 242 224 300 atau nomor 0811 2012346,” ujarnya.

Menurut Munawir, para dermawan yang bekerjasama dengan mereka biasanya menyerahkan langsung makanan dan minuman ada pula yang menyerahkan dana tunai atau transfer via bank.

Untuk diketahui, Komunitas Sijum, terbentuk bukan hanya di Kota Palopo. Aktivitas komunitas ini juga berjalan di beberapa daerah lain di Indonesia bahkan hingga ke Kota Dili, Timor Leste(*)

Komentar

News Feed