oleh

Eksistensialisme dalam Pengembangan Bisnis Modern yang Kreatif

-Ekobis-63 views

Eksistensialisme merupakan salah satu bentuk pemikiran abad modern yang dilahirkan dari para filsuf dunia barat. Tokoh terkenal yang berkontribusi besar terhadap perkembangan filsafat modern tersebut yakni Søren Kierkegaard, Friedrich Nietzsche, Jean-Paul Sartre, dan Albert Camus.

Masing-masing Filsuf tersebut punya definisi sendiri yang menggambarkan penjelasan mengenai Eksistensialisme. Menurut pemahaman yang dapat saya tarik, Eksistensialisme merupakan pandangan tentang hidup di mana punya penekanan bahwa individu memiliki kebebasan menentukan pilihan, membuat makna hidup, dan bertanggung jawab atas tindakannya.

Eksistensialisme, Pemikiran Abad Modern yang Menarik untuk Dikembangkan

Ada beberapa hal yang menjadikan pemikiran abad modern Eksistensialisme tersebut menarik untuk kita bahas lebih dalam. Pemikiran yang menekankan pada kondisi keberadaan manusia serta perannya tersebut punya beberapa aspek yang bisa dikatakan menarik untuk kita memahaminya bersama, seperti :

  • Pemikiran abad modern tersebut Menekankan pada kebebasan kita dalam mencari makna hidup dan merenungkan tujuan hidup serta bagaimana cara untuk menemukannya
  • Eksistensialisme memberikan gambaran tentang betapa pentingnya tanggung jawab individu terhadap pilihan serta tindakan yang sudah dibuat
  • Kebebasan dan kekuatan individu untuk bisa menentukan jalan hidupnya sendiri sesuai dengan pemikiran yang matang
  • Menekankan pada kemampuan individu dalam menghadapi kondisi tidak pasti dan menolak kebenaran yang absolut atau pasti serta memandang kehidupan sebagai suatu hal kompleks serta subjektif.

Penerapan Eksistensialisme dalam Konteks Pengembangan Bisnis

Eksistensialisme dapat masuk dalam berbagai konteks di mana salah satunya terkait dengan pengembangan bisnis yang saat ini saya pelajari. Berkaitan dengan konteks pengembangan bisnis tersebut, ada beberapa implementasi relevan meskipun tidak secara langsung terkait dari Eksistensialisme dengan pengembangan bisnis, seperti penjelasan berikut ini.

1. Pengembangan Budaya Bisnis yang Berpusat pada Individu

Budaya bisnis akan berkembang dan berpusat pada masing-masing individu. Budaya bisnis akan lebih inklusif, memperhatikan kebutuhan maupun aspirasi, dan adanya kontribusi unik dari setiap karyawan sehingga muncul lingkungan kerja kreatif.

2. Kebebasan dalam Melakukan Inovasi

Eksistensialisme mendorong kebebasan untuk setiap individu dalam bisnis yang berkembang lebih kreatif. Kreativitas tersebut muncul karena adanya kebebasan karyawan untuk berekspresi, membuat ide baru, dan mengembangkan produk maupun layanan.

3. Tanggung Jawab terhadap Kualitas dan Etika Bisnis

Eksistensialisme dapat mendorong bisnis lebih mengutamakan kualitas produk atau layanan serta mempertimbangkan dampak yang akan terjadi pada masyarakat. Penekanan terhadap tanggung jawab terkait tindakan yang diambil oleh pemilik bisnis tersebut mendorong bisnis lebih bertanggung jawab atas setiap keputusan yang diambil.

3. Adanya Komitmen terhadap Makna dan Visi Bisnis

Eksistensialisme menjadikan setiap bisnis berkembang untuk punya makna dan visi yang lebih besar. Kondisi tersebut akan memotivasi karyawan untuk selalu berkomitmen pada tujuan dari bisnis yang berjalan.

4. Lingkungan Kerja yang Lebih Berempati

Dalam prinsip Eksistensialisme akan mendorong pemimpin lebih berempati terhadap karyawannya sehingga lingkungan kerja menjadi lebih baik. Empati antar individual memberikan kenyamanan bagi setiap karyawan dalam mengembangkan pekerjaannya.

6. Keseimbangan antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Eksistensialisme menjadikan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi lebih baik. Di dalam prinsip filsafat modern tersebut, bisnis modern lebih memperhatikan fleksibilitas waktu kerja, kesejahteraan karyawan, dan keseimbangan kehidupan pribadinya dengan pekerjaan.

Eksistensialisme menjadikan setiap individu bisa berkembang bersama dalam bisnis. Kebebasan berinovasi dan tindakan bertanggung jawab menjadikan bisnis akan lebih berkembang ke arah lebih baik sesuai dengan visi dan makna yang ingin dituju. Temukan opini menarik lainnya dengan mengunjungi website Beritadata.com

Komentar

News Feed