oleh

Honda CBR150R, Moge Paket Hemat

VEDIANEWS.COM – Desain baru CBR150R Streetfire yang dirancang Astra Honda Motor (AHM) relevan mengikuti pergeseran selera konsumen sepeda motor rentang Rp30 jutaan yang kini banyak sekali maunya.

Motor ini tetap bisa jadi andalan berkendara harian atau sekali-sekali touring kalau lagi bosan rutinitas, namun sekarang ditambah rasa pede sebab riding makin nyaman dan bisa jadi pajangan keren waktu berbaur di parkiran.

Melihat CB150R Streetfire pertama kali ibarat ketemu teman lama yang habis seruput kopi di cafe dia cerita punya hobi baru nge-gym di rumah waktu pandemi Covid-19. Dia masih orang yang sama, tapi perawakan baru ditambah otot-otot di tubuhnya bikin pangling.

AHM menyebut desain CB150R diubah jadi mirip big bike atau moge. Berbagai rupa berubah meski ada juga bagian seperti desain rumah lampu depan, sasis, dan mesin yang sama saja seperti dulu. Untuk pembelian kredit motor honda tangerang Honda CB150 Verza melalui dealer resmi honda.

Kalau foto dulu sama sekarang disanding, CB150R sekarang kelihatan membesar dan kekar serta memang punya aura moge. ┬áBagian yang paling mendukung hal ini ada di area tangki bahan bakar yang bentuknya jadi gemuk dan lebih ‘berasa’ dijepit paha. Tangki itu ukurannya sama seperti model lama, 12 liter, tapi sekarang ditutup cover plastik yang desainnya dibuat satu bagian mulai dari depan hingga tengah bodi.

Cover ini menyambung ke shroud di bawahnya dan bodi plastik di belakang yang membuat tampilannya terlihat rapi seperti satu kesatuan. Salah satu sensasi yang unik saat motor ini yakni waktu melihat ke bawah saat berkendara. Biker bakal melihat paha kedua kaki kira-kira terhalang sepertiga karena desain tangki melebar di bagian atas.

Shroud juga jadi elemen penting yang bikin aura moge menyeruak. Bagian ini, termasuk detail-detailnya, bisa mengecoh persepsi kalau motor ini moge padahal cuma 150 cc.

CB150R menggunakan mesin 149,16 cc, DOHC, 4 katup, pendingin cairan, EURO 3, dengan transmisi manual 6-percepatan. AHM mengklaim kecepatan maksimalnya 125 kilometer per jam dan efisiensi bahan bakar dengan metode tes ECE R40, yaitu 40,5 kilometer per liter.

Shroud di kanan dan kiri didesain menyesuaikan radiator yang sudah berubah bentuk menjadi memanjang. Bentuknya juga diakali agar tak mentok gerakan suspensi depan waktu setang belok maksimal ke kanan atau kiri. Untuk pembelian kredit motor honda tangerang melalui dealer resmi honda.

Kemudian undercrowl plastik di bagian bawah, yang cuma ada di varian Special Edition, membantu bikin area leher pipa knalpot terlihat penuh.Honda juga terasa niat mendesain ulang CB150R lantaran pintar menutupi bagian kopong visual di area mesin.

Misalnya di bawah shroud ada plastik bertuliskan ‘PGM-FI’ yang menutupi area kopong di bagian intake, kemudian ada pula hanger aluminum yang membuat area header knalpot tidak sepi.

Kunci desain a la moge lain di motor ini ada pada suspensi depan upside down berukuran besar, menyolok mata dengan warna emas kemudian makin kontras sebab tutupnya, yang bertuliskan ‘Showa’, berwarna biru terang.

Upside down belakangan sudah jadi desain generik di motor-motor cc kecil kekinian. Komponen ini menunjang estetika sesuai selera masa kini walau sebenarnya juga punya kekurangan dibanding suspensi telescopic.

Desain terakhir yang bikin terlihat moge adalah pemakaian setang tapered handlebar yang lebar dan tinggi sebab dipasang dengan raiser (peninggi) yang ditanam di triple clamp seperti desain Honda CB300R atau CB250R. Raiser ini bisa dapat bergoyang dan punya karet peredam yang fungsinya meredam getaran, namun ada efeknya saat berkendara. (*)

Komentar

News Feed