oleh

Pemkab Luwu Sambut Program Kementan RI

-Ekobis-302 views

LUWU -Pemerintah Kabupaten Luwu ,melalui Dinas Pertanian nantinya akan menerima sejumlah bantuan bibit yang akan digelontorkan oleh Kementan RI. Pemkab Luwu dalam hal ini sangat serius menyambut berbagai program kerja pemerintah pusat,salah satunya program dari Kementrian Pertanian RI.

.

Pemkab Luwu , dipastikan akan menerima sejumlah bantuan bibit tanaman Durian, Bawang Merah dan Tanaman Hortikultura lainnya dan sudah teralokasikan pada anggaran dekonsentrasi dari Kementerian Pertanian.

Hal ini diungkapkan ,oleh Sekretaris Dinas Pertanian kabupaten Luwu, Albaruddin Andi Picunang , usai menghadiri rapat kerja Sinkronisasi Pelaksanaan Program peningkatan Produksi Nilai Tambah Hortikultura tahun anggaran 2020, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI di The Margo Hotel, Depok , baru-baru ini.

Menurut Sekretaris Distan Luwu, rapat sinkronisasi Kementerian Pertanian RI tersebut lebih terfokus pada target yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yaitu peningkatan ekspor hortikultura sebagai salah satu andalan komoditas pertanian Indonesia. Dimana, Produksi sayur dan buah tropis Indonesia memiliki kekhasan dibanding negara-negara lain.

“Sebagaimana arahan Menteri Pertanian, Bapak Syahrul Yasin Limpo menjadi ruang gerak kita untuk melakukan upaya-upaya ekspor. Apalagi menurut beliau, banyak sayur dan buah yang dibutuhkan dunia saat ini, salah satu diantaranya adalah buah Manggis,” tuturnya, Jumat 31 Januari 2020.

Menurutnya, apresiasi berbagai pihak terhadap program dinas pertabnian kabupaten Luwu, menjadi perhatian kementerian pertanian. Melalui skema kerjasama, antara Dinas Pertanian dan sejumlah elemen seperti tim penggerak PKK, program bibit dari kementan nantinya akan disebar keberbagai tempat.

“Sehingga program yang saat ini sedang digalakkan oleh Pemkab yang didukung oleh Tim Penggerak PKK dan masyarakat yaitu Gerakan menanam sayuran tentu mendapat perhatian termasuk dukungan dari Kementerian Pertanian. Insya Allah kita di Kabupaten Luwu akan menerima bantuan bibit tanaman Durian, Bawang Merah dan Tanaman Hortikultura lainnya dalam bentuk Dana Dekon” Jelas Albaruddin.

Sekertaris Dinas Pertanian Kabupaten Luwu,Albaruddin Andi Picunang

Rapat koordinasi dan konsultasi yang dilakukan adalah untuk membangun konsepsi dan mapping yang tepat terhadap poin-poin yang harus dilakukan dalam mensukseskan GEDOR Hortikultura (Gerakan Dorong Produksi, Daya Saing dan Ramah Lingkungan Hortikultura)

“Pemkab Luwu siap sukseskan program GEDOR Hortikultura yang berfokus pada peningkatan mutu dan produktivitas produk hortikultura melalui penerapan sistem jaminan mutu yang dibuktikan dengan sertifikasi GAP, GHP, Registrasi Lahan /Kebun”, kata Albaruddin. (fan/*)

Komentar

News Feed