oleh

Pengaspalan Jalan Ruas Tembo’e-La’loa Tuntas, Warga Gelar Syukuran

-Luwu-9 views

 

Bupati Luwu DR H Basmin Mattayang di Dampingi Ketua TP PKK Luwu DR Hayarna Hakim saat meresmikan ruas jalan Temboe-Laloa

 

LUWU—– Ratusan warga dari empat desa, masing-masing desa Babang, Temboe, Salusana dan La’loa berkumpul menggelar acara Syukuran dan Silaturahim, Sabtu (08/01/2021).

Acara yang dipusatkan di Kantor Desa La’loa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tersebut di hadiri Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Luwu, Dr. Hj. Hayarna Hakim di dampingi sejumlah kepala OPD.

Dalam laporannya, Kades La’loa, Andi Hajar menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Bupati Luwu atas selesainya pekerjaan pengaspalan di wilayahnya.

“Melalui kesempatan ini, ijin saya atas nama masyarakat desa La’loa dan kecamatan Larompong Selatan pada umumnya menyampaikan terima kasih atas selesainya pekerjaan pengaspalan di wilayah kami”, ujar Andi Hajar di hadapan Bupati bersama rombongan.

Dengan selesainya pengaspalan ini, masyarakat sudah tidak lagi resah dengan kondisi jalan setiap kali memasuki musim hujan. Selain itu, jarak tempuh dari jalan poros juga semakin pendek.

Namunpun demikian, Kepala Desa tiga periode ini masih berharap di tahun 2023 anggaran pengaspalan jalan yang tersisa di wilayahnya dapat di lanjutkan.

“Meskipun sudah bukan saya kepala desa, tapi saya tetap berharap Kadis PUPR menganggarkan kembali lanjutan yang belum di aspal”, ungkap A. Hajar di sambut aplaus warga yang hadir.

Pada acara tersebut, Kades La’loa A. Hajar sekaligus mohon pamit kepada Bupati Luwu beserta seluruh masyarakat yang pada Rabu, 12 Januari nanti akan mengakhiri masa bhaktinya sebagai kepala desa.

Sementara Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang saat memberikan sambutan dan arahannya mengapresiasi seluruh kepala desa yang hadir, khususnya Kades La’loa yang telah menggagas acara tersebut.

Menurut orang nomor satu di Luwu itu, Desa La’loa merupakan salah satu desa berprestasi. Karena itu dirinya sangat menghargai ketika di undang hadir pada acara tersebut.

“Di periode pertama saya dulu, Desa La’loa ini pernah mengangkat nama baik kabupaten Luwu sebagai juara pertama tingkat propinsi Sulawesi Selatan”, ujar Bupati Basmin.

Dirinya menambahkan, adalah hal yang wajar jika masyarakat desa La’loa dan Salusana hari ini menggelar acara hajatan sebagai bentuk kesyukuran atas selesainya pekerjaan pengaspalan jalan.

“Memasukkan uang sebesar 8 M dalam satu kecamatan bukan hal yang gampang. Penuh dengan perjuangan. Dan tentu memang tidak harus merata. Tetapi bertahap”, ungkap Bupati dua periode.

Karena kondisi anggaran yang sangat terbatas maka dirinya berjanji akan tetap mengupayakan sumber-sumber pendanaan di pusat untuk kelanjutan pencapaian program pembangunan.

“Untuk tahun 2021 alokasi anggaran untuk berbagai macam program kegiatan di wilayah Kecamatan Larompong Selatan sebesar 14 M. Dan kedepan tetap kita prioritaskan untuk program yang menjadi skala prioritas”, ucap Bupati Basmin.

Untuk diketahui, tahun anggaran 2021, pemerintah kabupaten Luwu melalui Dinas PUPR telah melaksanakan program peningkatan jalan dengan pengaspalan sepanjang 36,20 Kilometer. Baik pengaspalan yang bersifat pemeliharaan (lapis ulang), maupun peningkatan dengan aspal baru.

Kepala Dinas PUPR, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT ( Daffa Ikhsan ), dalam keterangannya menyebut jika peningkatan infrastruktur jalan di periode kedua Bupati H. Basmin Mattayang dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan.

“Untuk tahun 2021, ada sepanjang 36,20 Km jalan aspal yang telah dikerjakan dari tiga sumber pembiayaan yang berbeda”, kata Kadis Ikhsan.

Dari total panjang tersebut, 21,6 Km bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Selebihnya, 11,1 Km dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan 3,5 Km bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID).

Salah satu ruas yang masuk dalam penanganan DAK tahun 2021 adalah ruas jalan Tembo’e-La’loa dengan volume 4,1 Km dengan total anggaran 7,4 M.

Ruas tersebut kini telah dirasakan asas manfaatnya oleh masyarakat setempat(*)

Komentar

News Feed