oleh

Resmikan Lumbung Pangan, Basmin: Kita Wujudkan Tanam, Petik, Olah, Jual

-Ekobis-32 views

 

Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang Meresmikan pemanfaatan lumbung pangan masyarakat di Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa(Foto Kominfo)

LUWU- Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang resmikan pemanfaatan lumbung pangan masyarakat di Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa. Pembangunan lumbung pangan masyarakat tersebut merupakan bantuan melalui DAK fisik Penugasan Bidang Pertanian tahun 2021 dialokasikan di Gapoktan Mappideceng Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa dan Gapoktan Sipatuo Sipatokkong Desa Balla Kecamatan Bajo berupa lantai jemur, rumah RMU serta lumbung padi yang dikerjakan secara swakelola.

Basmin Mattayang dalam sambutannya sebelumnya melakukan pemotongan pita mengharapkan lumbung pangan masyarakat yang berkapasitas produksi 1,7 ton per jam tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Desa Senga Selatan.

“Jangan lagi padi baru menguning sudah dijual. Kita ingin mewujudkan tanam, petik, olah, jual. Kalau seperti ini kita lakukan, pasti masyarakat akan sejahtera karena pendapatan dan penghasilannya meningkat,” ungkap Basmin, Senin (20/12/2021).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Luwu dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan lumbung pangan masyarakat tersebut guna meningkatkan volume cadangan pangan, menjamin akses dan kecukupan pangan serta untuk meningkatkan modal melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan.

“Jadi tahun ini kita dapat bantuan 2 insya Allah ke depan jadi 3 dan volumenya juga bertambah 100% jadi 2 kali dari volume yang ada sekarang ke depan,” papar

Sementara itu, Kepala Desa Senga Selatan, Arfan Basmin saat menyampaikan sambutan menyebutkan manfaat dari lumbung pangan secara langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, baik bagi petani secara langsung juga melahirkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Yang paling penting dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Ini bisa menyerap lapangan pekerjaan, petani dapat lebih aktif dan produktif dalam bertani. Tak kalah penting, akan kami kerjasamakan dengan Bumdes pengelolaan hasil produksi,” jelas Arfan Basmin.

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kab. Luwu, Dr. Hayarna Basmin yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan lumbung pangan masyarakat tersebut(Boncet)

Komentar

News Feed