oleh

Sensus Doloksaribu: Cara Mudah Mencuci Piring Kaca

Mencuci piring kaca merupakan kegiatan yang bisa dibilang gampang-gampang susah ya!, lalu bagaimana sih cara mudah mencuci piring kaca yang benar ? ini deh mimin kasih tau caranya, simak penjelasan berikut ini ya!

Cara Mudah Mencuci Piring Kaca

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu :

1.      Pisahkan semua piring kaca yang harus dicuci

Pemisahan awal adalah dengan mengelompokkan mana saja piring yang harus dicuci. Dalam tahap ini ada hal yang sangat penting untuk diperhatikan mengenai penataan yang benar. Yakni taruhlah piring yang berdiameter paling besar diurutan yang paling bawah, dilanjutkan dengan piring yang berdiameter lebih kecil dan seterusnya.

2.      Pastikan air tersedia

Sebelum Anda mulai mencuci pastikan terlebih dahulu bahwa aliran air yang ada cukup deras sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mencuci dan membilas piring-piring tersebut.

3.      Siapkan alat cuci piring

Tentunya kegiatan mencuci piring tidak bisa dilakukan hanya dengan tangan kosong saja. Ada beberapa alat bantu untuk membersihkan piring supaya kebersihannya terjamin. Diantara alat-alat cuci piring yang dibutuhkan adalah spons, sabun cuci piring, dan lainnya. Jangan lupa pastikan alat sudah siap di wastafel rumah Anda.

4.      Rendam sebentar di dalam air

Fungsi dari merendam di dalam air ini adalah merontokkan noda yang membandel di piring. Rendam sebentar hingga bekas noda runtuh dan larut.

5.      Mulai mencuci

Gosoklah seluruh bagian sudut piring dengan merata menggunakan spons yang sudah diberi sabun cuci. Pastikan sudah tidak ada lagi sisa-sisa minyak atau noda lain yang belum terkena sabun. Lakukan tahap yang sama kepada semua piring hingga tidak ada yang tertinggal.

Cara Mudah Mencuci Piring Kaca yang Keruh

Untuk piring kaca yang tidak memiliki noda kerak, Anda bisa langsung cuci hanya dengan menggosoknya dengan spons yang sudah diisi sabun.

Berbeda dengan piring yang memiliki noda kerak di bagian bawah piring yang  ada motifnya, Untuk mencuci piring kaca yang keruh dengan noda kerak ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan diantaranya yaitu:

Rendam di air panas

Dengan merendam di air panas, sifat keras dari keraknya akan sedikit berkurang sehingga akan lebih mudah untuk dicuci.

Diamkan dengan memasukkan sedikit sabun di air panas tersebut

Sabun memberi sifat basa untuk bisa merontokkan kerak yang ada dipiring kaca. Ini bermanfaat untuk lebih menjangkau bagian partikel yang kecil dan tersembunyi di motif piringnya.

Tambahkan cuka putih

Cuka putih bersifat asam, sifat asam ini juga bisa difungsikan sebagai perontok kerak piring yang membandal. Selain itu, sifat asam yang muncul akan membuat piring lebih kesat.

Gunakan irisan lemon

Samahalnya seperti cuka, irisan lemon ini juga bersifat asam. Itulah kenapa tidak heran jika  lemon banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sabun cuci piring.

Tambahkan soda kue

Sifat dari soda kue ini adalah basa, sehingga dipercaya juga sebagai bahan untuk merontokkan kerak membandal pada piring kaca.

Beberapa bahan pembersih kerak piring tersebut bisa Anda cari di toko-toko kecil di dekat rumah, sehingga semua pasti bisa untuk mencoba ya!

Bilas merata

Setelah semua piring digosok dengan spons yang sudah disabun, selanjutnya bilaslah piring-piring tersebut dengan air mengalir. Pastikan sisa kotoran dan sabun sudah hilang dan tidak tertinggal sedikitpun.

Itulah beberapa tips cara mudah mencuci piring kaca yang bisa mimin bagi untuk bunda-bunda sekalian, semoga bermanfaat ya! (Sensus Doloksaribu)

Komentar

News Feed