oleh

Konsultan Amdal Bersama Dinas PUPR Luwu Gelar Konsultasi Publik ,Rencana Kegiatan Peningkatan Akses Jalan

-Luwu-6 views

 

Penguatan dalam menyusun dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Pekerjaan Peningkatan Jalan yang bersumber dari Dana Hibah Daerah Kabupaten Luwu tahun 2022(Foto:Dinas PUPR Luwu)

 

LUWU-Guna menyerap aspirasi masyarakat secara langsung sebagai penguatan dalam menyusun dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Pekerjaan Peningkatan Jalan yang bersumber dari Dana Hibah Daerah Kabupaten Luwu tahun 2022, pihak PUSLANTEK-CoT Fakultas Teknik Unhas selaku konsultan menggelar Sosialisasi dan Konsultasi Publik.

Kegiatan yang dipusatkan di lokasi Taman Wisata Pendidikan Desa Bonelemo, Kec. Bajo Barat tersebut di buka langsung Sekda Luwu, H. Sulaeman di dampingi Kadis PUPR, Ir. Ikhsan Asaad, Jumat (03/06/2022).

Turut hadir pula tiga Camat yang wilayahnya di lalui oleh rencana pekerjaan, yaitu Camat Bajo, Hidayah, Camat Bajo Barat Hj. Rahmatiah dan Camat Latimojong, Supriadi.

Sementara, dari unsur Legislatif hadir Ketua Komisi III, Andi Mammang dan anggota Komisi II yang juga Ketua Apdesi Luwu, Andi Arfan Basmin, SH.

Dalam sambutannya, Sekda Luwu H. Sulaeman menyampaikan rasa syukurnya atas adanya rencana investasi yang akan dilaksanakan oleh PT. Masmindo Dwi Area (MDA) di wilayah Kabupaten Luwu.

Menurutnya, Pemkab Luwu telah melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan pihak Masmindo beberapa bulan lalu.

Karena itu, lanjut Sekda yang juga Ketua Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD), sosialisasi ini penting untuk dilakukan agar masyarakat mendapat informasi tentang rencana investasi tersebut.

“Pemerintah berharap dengan adanya kegiatan investasi ini masyarakat yang ada di wilayah yang dilalui pekerjaan bisa memberikan kemudahan dalam proses pelaksanaan dan masyarakat juga bisa mendapat keuntungan jangka panjang”tutur H Sulaeman

Sementara Kadis PUPR, Ir. Ikhsan Asaad Daffa Ikhsan saat berbicara menyampaikan agar masyarakat yang hadir dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk memberikan masukan, pendapat dan tanggapan yang nantinya akan menjadi salah satu point penting dalam menyusun dokumen lingkungan.

Lebih jauh Kadis Ikhsan berharap, kedepan dengan selesainya pekerjaan ini bisa memberi konstribusi terhadap peningkatan ekonomi daerah khususnya masyarakat yang ada di sepanjang lokasi pekerjaan.

“Selain dapat memberdayakan tenaga kerja lokal, pekerjaan peningkatan jalan di wilayah Bajo-Bajo Barat dan Latimojong ini dapat mendukung terwujudnya kemantapan jalan yang lebih baik dari tahun sebelumnya”, ujar kadis Ikhsan.

Sementara Andi Mammang, Ketua Komisi III DPRD yang turut memberi sambutan menyampaikan apresiasinya sebagai wakil masyarakat atas rencana pelaksanaan pekerjaan infrastruktur jalan oleh pihak investor di wilayahnya.

“Kita bersyukur karena sebelum pekerjaan ini dilaksanakan, pihak pelaksana telah melakukan ekspose dalam bentuk sosialisasi dan konsultasii publik ini sehingga kedepan tidak ada lagi riak-riak yang muncul ditengah masyarakat”, ujar ketua Fraksi Gerindra tersebut.

Acara Sosialisasi dan Konsultasi Publik terkait Penyusunan Dokumen Amdal Rencana Kegiatan Peningkatan Jalan yang bersumber dari Dana Hibah Daerah Kabupaten Luwu ini di hadiri puluhan warga dari 11 (sebelas) desa di 3 (tiga) wilayah kecamatan.

Dari pihak Pusat Unggulan Teknologi – Center Of Technogy (Puslantek-COT) sendiri selaku konsultan, hadir Ketua Tim, Ansar, SP, M.Si,C.EIA di dampingi beberapa Tenaga Ahli dan Tenaga Pendukung.

Saat sesi diskusi, beberapa perwakilan masyarakat dan kepala desa menyampaikan tanggapan dan pendapatnya, termasuk dari anggota DPRD, A. Arfan Basmin(Boncet/rls)

Komentar

News Feed