oleh

Libatkan Investor Singapura ,Presiden Jokowi Siapkan Proyek Jembatan Belah Laut Sebelum 2024

-Metro-23 views

Presiden RI Joko Widodo (Foto:Sekretariat Kabinet RI)

JAKARTA-Sebelum tahun 2024,
Presiden RI Joko Widod berencana membangun jembatan membelah lautan.Jembatan itu akan dibangun pada bagian barat Indonesia yakni Jembatan Batam – Bintan.
Jembatan ini memiliki panjang 7 km, saat sehingga akan mengalahkan jembatan Suramadu yang membelah selat Madura atau menghubungkan pulau Jawa (Surabaya) dengan pulau Madura sepanjang 5,43 km.

Rencananya jembatan ini akan dibangun bersama Investor Singapura, karena dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Dilansir dari laman CNBC Indonesia oleh Vedianews,Jumat(18//9/2021)Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga sedang melakukan pengkajian teknis dan finansial pada proyek ini. pemerintah nantinya juga akan memberi dukungan finansial agar proyek ini tetap feasible.

“Dalam evaluasi yang dilakukan oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur, tidak bisa totalitas dibiayai oleh KPBU, tetapi harus ada porsi dibantu oleh Pemerintah. Porsi Pemerintah sekitar 30%,” ujar Direktur Pembangunan Jembatan, Ditjen Bina Yudha Handita Pandjiriawan, dalam keterangan resmi.

Pada website Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dipastikan konstruksi Jembatan Batam Bintan dimulai pada 2022.

Untuk diketahui rencana ini juga masih dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah RPJMD tahun 2021 – 2026. Dari pemerintah pusat juga memastikan bahwa proyek ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional(*)

Komentar

News Feed