oleh

Pilkada Luwu Digelar 2024, RUU Pemilu Resmi Dicabut dari Prolegnas

-Politik-341 views

VEDIANEWS–Kepastian soal kapan digelarnya Pilkada Luwu kini terjawab ,setelah RUU Pemilu resmi dicabut dari Prolegnas.

Setelah Revisi Undang- Undang tentang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) dicabut dari Prolegnas Prioritas tahun 2021,dengan demikian Pilkada Luwu digelar pada tahun 2024

Pencabutan itu dilakukan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI bersama DPD dan perwakilan pemerintah yakni Kementerian Hukum dan HAM, dalam Rapat Kerja 2021, di Gedung Nusantara II, Senayan Jakarta, Selasa, 9 Maret 2021.

Dikutip dari KabarBanten.com dilansir Vedianews ,Selasa (9/3/2021) Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Atgas mengatakan, terjadi perkembangan dan perubahan arah politik legislasi yang terjadi, khususnya terkait dengan keberadaan RUU Pemilu.

Berdasarkan kesepakatan fraksi-fraksi serta sesuai dengan surat dari pimpinan Komisi II selaku pengusul RUU, maka DPR RI melalui badan legislasi akan menarik dan mengeluarkan revisi UU Pemilu dari daftar Prolegnas Prioritas tahun ini.

“Jadi Prolegnas Prioritas tahun ini yang sudah disetujui dalam Rapat Kerja tanggal 14 Januari 2021 lalu mengalami perubahan, yang semula 33 RUU menjadi 32 RUU,” kata Supratman,dikutip Vedianews dari KabarBanten.com

Penyusunan dan pembahasan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2021 ini, telah disetujui Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Selain itu, Fraksi-Fraksi di DPR RI turut menyuarakan pandangannya terkait perubahan Prolegnas Tahun 2021.

Namun, ada beberapa catatan seperti Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKS yang tidak menyetujui keluarnya revisi UU Pemilu dari Prolegnas.

Sementara, Fraksi Partai Golkar mengusulkan untuk menambah satu Rancangan Undang-Undang (RUU) yakni RUU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) agar dapat masuk ke dalam Prolegnas(*Irmus)

Komentar

News Feed