oleh

Hanya Empat Daerah di Sul-Sel Memiliki Perda Retribusi PBG, Luwu Salah Satunya

-Luwu-2 views

 

Kadis PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT Mengikuti Regulasi Perda Retribusi. foto :Humas Dinas PUPR Kab Luwu.

 

LUWU—Sejak nomenklatur Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) berubah menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021, maka Pemda dalam pelaksanaan pemungutan retribusi PBG wajib memiliki Peraturan Daerah (Perda).

Begitu pentingnya regulasi tersebut sehingga Pemerintah Daerah diharuskan untuk menyiapkan paling lama enam bulan sejak di tetapkannya PP 16/2021.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) Provinsi Sulawesi Selatan, rupanya baru empat daerah yang telah memiliki Perda tentang Retribusi PBG dari 24 Kabupaten/Kota yang ada.

Keempat daerah tersebut adalah Sidrap, Sinjai, Selayar dan Kabupaten Luwu sendiri.

Hal tersebut diungkap oleh Tim dari Direktorat Bina Penataan Bangunan, Kementerian PUPR saat menjadi Narasumber dalam acara Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Bangunan Gedung, Tahun 2022.

Acara yang digelar di Gammara Hotel Makassar, 8-10/06/2022 itu di ikuti Dinas PUPR dan Dinas Perisinan dari 24 Kabupaten/Kota serta dibuka oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan, Dr. Ir. H. Ahmad Asiri, M.Si.

Kadis PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT Daffa Ikhsan yang ikut pada acara tersebut menyampaikan kesyukurannya karena empat daerah di Sulawesi Selatan yang telah memiliki Perda Retribusi PBG, Kab. Luwu adalah salah satunya.

Bahkan menurut Kadis Ikhsan, data yang dirilis melalui SIMBG per tanggal 08 Juni 2022 kemarin, Luwu berada pada posisi tertinggi tingkat permohonan PBG sejak system ini dioperasikan.

“Sejak kita membuka pelayanan secara online, permohonan PBG yang sudah masuk itu ada 216, yang lengkap ada 106 dokumen. Dan Alhamdulillah kita sudah terbitkan 44 PBG. Selebihnya sementara dalam proses verifikasi kelengkapan teknisnya’, ujar kadis PUPPR Luwu  Ikhsan,Kamis(9/6/2022) sesuai rilis humas Dinas PUPR Luwu

Sekadar diketahui, SIMBG atau Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung adalah penyelenggaraan system integrasi berbasisi elektronik yang merupakan implementasi dari amanat PP Nomor 16 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

Salah satu point penting dalam regulasi tersebut mengatur perizinan yang diberikan kepada pemilik Bangunan Gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi dan/atau merawat Bangunan Gedung sesuai dengan standar teknis Bangunan Gedung(*)

Komentar

News Feed