oleh

Sejumlah,Pejabat Pemkab Luwu Ikuti Uji Kompetensi Administrator Implementasi Pengembangan Talenta ASN

-Luwu-7 views

 

Pejabat Pemkab Luwu Ikuti Uji Kompetensi Administrator Implementasi Pengembangan Talenta ASN

LUWU- Pemerintah Kabupaten Luwu menggelar Pembukaan Uji Kompetensi Pejabat Administrator di Aula Bappelitbangda, pada Kamis, (19/5) siang.

Inspektur Daerah Kabupaten Luwu, Andi Palanggi hadir mewakili bupati Luwu, Basmin Mattayang untuk memberikan sambutan.

Menurutnya, Pejabat Administrator mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam struktur organisasi pemerintah. Jabatan Administrator merupakan jabatan antara dalam menjembatani dan mengoperasionalkan kebijakan dan program Kepala Perangkat Daerah.

“Pejabat Administrator harus mampu mencerna, mengolah, dan merealisasikan kebijakan dan program yang telah ditetapkan dalam rangka menunjang tercapainya kinerja Kepala Perangkat Daerah. Para Pejabat Administrator juga dituntut untuk mampu membangun kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan dan meningkatkan daya saing OPD-nya,” ungkapnya.

Uji Kompetensi Pejabat Administrator kali ini merupakan implementasi pengembangan talenta Aparatur Sipil Negara (Peta ASN) Kabupaten Luwu, yang merupakan kriteria merit sistem yang termaktup pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Pasal 134, menyebutkan bahwa pelaksanaan manajemen talenta menjadi syarat sistem merit yang harus dilaksanakan oleh seluruh instansi pemerintah tidak terkecuali ditingkat pemerintah daerah.

“Sebagai langkah awal, pemerintah perlu menetapkan kebijakan tentang manajemen talenta daerah. Manajemen talenta adalah proses komprehensif dan dinamis untuk mengelola dan mengembangkan ASN yang memiliki potensi terbaik sesuai jabatan target yang dituju dalam instansi pemerintah pengembangan yang searah dan terintegrasi. ASN yang memiliki kinerja tinggi dan kompetensi tinggi diukur melalui sejumlah instrumen yang disusun secara ilmiah, objektif dan akuntabel salahsatunya dengan uji kompetensi hari ini,” tambahnya.

Berdasarkan Permenpan RB Nomor 03 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta ASN, maka hasil Uji Kompetensi Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu akan menunjukkan kotak manajemen talenta, yakni badan yang terdiri dari 9 (Sembilan) kategori yang menunjukkan sekumpulan pegawai ASN berdasarkan tingkat potensial dan kinerja.

Terakhir, Bupati Luwu menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan peserta.

“Sebelum saya menutup sambutan, tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para panitia, yang telah memfasilitasi sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya dan antusias para Peserta Uji Kompetensi Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu, yang telah bekerjasama dalam hal Pelaksanaan Uji Kompetensi Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu. Semoga kerjasama ini dapat terus dilanjutkan untuk seleksi-seleksi berikutnya,” kuncinya.

Dalam pembukaan tersebut hadir pula Kepala BKPSDM Kabupaten Luwu, A. Muhammad Ahkam Basmin. Rencananya Uji kompetensi akan digelar hingga 20 Mei besok, dan diikuti 30 peserta
(Boncet)

Komentar

News Feed